Arti jenius dan bagaimana Menemukan dan Mengembangkan kejaniusan anak kita. Seri parenting Bersama Ayah Edy di Radio Smarrfm dalam acara Indonesian Strong from Home. Acara ini dulu diadakan setiap Rabu malam, sebagai ajang Orang Tua untuk belajar Menjadai Orang tua yang baik. Namun sayangnya, acara ini sekarang sudah tidak diadakan lagi. Beberapa saat setelan penyiarnya Mbak Nancy Mokoginta keluar dari Smartfm Ayah Edy memutuskan untuk berhenti sementara.

Albert Einstain mengatakan : Kerja keras bukanlah sukses, namun untuk sebuah nilai.

Kebanyakan Orang Indonesia berpendapat bahwa kecerdasanlah yang menghasilkan seorang Ilmuwan besar. Tetapi sebenarnya mereka salah, karena yang benar adalah karakterlah yang menghasilkan orang – orang yang sukses dan jenius.

Orang yang berkarakter pasti pinter. Namun tidak menjamin orang yang pinter itu berkarakter. Mengapa demikian? Ini tidak lepas dari unsur-unsur yang membantuk sebuah karakter itu sendiri.

Unsur-unsur dari karakter adalah :

  1. Jujur : seorang yang jujur tidak akan mencuri. Baik itu mencuri ide atau apapun.
  2. Tekun : keberhasilan itu adalah bagian intinya adalah sebuah ketekunan. Contohnya seperi Alfa Edison yang tekun melakukan penelitian tanpa putus asa, tanpa berhenti, siang dan malam. Menurut catatan akibat dari gaya kerja dari Edison ini, hanya sedikit staffnya yang tahan mengikutinya.
  3. Kerja Keras : sebuah usaha yang terus menerus.
  4. Pantang Menyerah : mereka para jenius dunia rata-rata tidak menyerah jika menmui kegagalan. Selalu mencoba dan mencoba lagi.
  5. Inovatif : Membuat sesuatu yang baru dari yang sudah ada.

Kalau seluruh faktor di atas itu berkembang melalui karakter dan menjadi sebuah kebiasaan, buahnya adalah kecerdasan. Sehingga kecerdasan sendiri adalah buah dari pohon karakter.

Arti jenius selalu disamakan dengan pintar.

Beberapa wawancara oleh sebuah stasiun TV swasta dengan anak-anak pelajar Indonesaia tentang Jenius.

P : Apakah kamu jenius?

Sebagian besar dari mereka menjawab : saya tidak jenius.

P : Mengapa kamu mengatakan tidak Jenius?

Jwb : Karena saya nilai-nilainya rendah. Mereka mengidentifikasikan jenius dengan nilai yang tertera didalam raport.

Menurut kamu jenius itu apa?

Jawaban : Jenius itu kalau nilainya bagus di semua mata pelajaran. Dan hal ini sudah menjadi semacam keyakinan mereka. Dan lebih berbahaya ketika hal ini juga diyakini oleh para guru, orang tua mereka sendiripun di rumah juga mempercayai.

Arti Jenius dari orang-orang yang mendapat gelar sebagai orang jenius:

Albert : apabila kita selalau menggunakan otak kita untuk berpikir, menciptakan sesuatau yang belum pernah diciptakan orang lain.

Thomas : Mekanika elektronika 1000 patent: apabila 1% inspirasi 99% kerja keras, Siapapun bias menjadi jenius dunia, asalah punya satu inspirasi, dan mau mewujudkannya.

Spilberg : cinematography : apabila melakukan aktifitas yang kita sukai dengan sepenuh jiwa, atau all out. Hanyaut samapai lupa waktu.

Tiger Wood : menikmati permainan.

Da vinci : seni lukis, ukir, arsitek, penunggang kuda, anatomi, perang astronomi, pengobatan, masak. Fallinf inlove eith science. Dipenjara dengan tuduhan homoseksual. Dia jatuh cinta dengan ilmu pengetahuan.

Van gogh : Beda tipis antara pinter dengan sinting. Kalau ada orang juara balap 10 kali, orang paling kaya, orang yang paling itulah menurut dia yang jenius.

Sesi II

Fakta jenius dari orang2 yang sudah jenius. Karena banyak guru dan ortu, jenius = seluruh nila bagus. Banyak ortu yang menekan anak untuk ikut berbagai macam les, bimbel. Anakan dipaksa belajar di pelajaran yg tidak mereka sukai. Apakah mereka itu benar?

Jenius mencipttakan sesuatu, bukan menjawab pertanyaan yang sudah ada jawabannya seperti soal ujian. Anak itu tampil di salah satu bidang yang mereka kuasai. Howard gatner : Genius is born. Mozart : 12 thn memiliki unggul di bindang seni, klu lingkungan tidak mendukung tidak bisa. Setiap anak tidka menjadai jenius? Karena orang tua tidak tahu, dan tidak mendukung bakat jenius pada anak.

Jika Mozart di Vietnam mungkin tidak master seperti sekarang.

Sekolah sekarang, kalau mereka tidak mendapatkan nilai bagus maka akan tertinggal di sekolah. Jika hanya sesuai dengan buku maka tidak membuat anak tidak berkembang. Semua berlomba menadi yang terbaik untuk nilai, bukan pada budi pekerti.

Sesi III

Viga : jenius dapat memahami apa yang kita yakini.

Peserta seminar : kita teriak knp tidak aksi. Kita sudah action, tapi penginnya sesuatu yang instan, Bahkan di Ameraika juga sama. Ayako Kobayhasi : konduktor orchestra prihatin dengan pendidikan, hebatnya dia gak mau ribut2 dengan pemerintah, tp memilih menjadi praktisi pendidikan dengan garbong kereta. 27 thn membuktikan anak asuhnya tidak gagal, dan banyak menjadi duta pbb korono yaki untuk kemanusiaan, ahli fisika nuklir, NASA. Anak berkebutuhan khusus menjadi seoran gmanager di perusahaan Jepang. Barulah dia diundang untuk ditanya sistemnya, 40 anak asuh jadi semua.

Sekolaah ada karena ortu yang mau. Contoh sekolah alam yang ujian paket, tidak dengan kurukulum yang njlimet. Maka harus dimulai dari kita.

Beberapa tanggapan dari pendengar

Kuis : Michael dell, Jackson, Jordan, angelo, Schumacher, MLTR, Owen, Buble, Fareday, Korbachev

Semua orang yang jenius tidak mensyaratkan untuk nilai yan gbagus. Sekolah menginginkan anak didiknya lulus 100%.

Contoh 3 rudi Indonesia yang sukses di Indonesia. Masuk guinnes book of record. Setiap orang Anak 200 miliar sel otak. Modalnya, terserah pengembangannnya. Apakah ortunya berhasil menggali sampai optimal otak anaknya. Anak jenius itu tidak selalu dari kecil pinter. Steven : Who’s steven? Dulu dia biasa saja. Sehingga ga banyak yang kenal. Anak kecil yang biasa bahkan bermasalah, seperti Einstein, Thomas alva, tidak bisa mengikuti pelajaran. Honda : ke sekolah klu perlu saja. Klu masalah yang tidak bisa saya temukan pemecahannya. Kita tidak perlu khawatir untuk lomba-lomba pada sesuatu yang sesat, sekecil2nya masuk SD. Persiapan mental dan attitude yang matang dengan sukses. Selesai sekolah duluan tidak ada hubungan dengan sukses. Sehingga banyak anak yang stress, ada yg mogok sekolah.

Pesan dari nama Michael adalah kamu boleh jadi punya nama yang sama, namun keahliahan dan bakat jenius yang berbeda.

Sesi IV

Semua pernyataan para jenius tidak bertentangan. Meskipun definisinya berbeda. Yang bertentangan apa yang dianut anak-anak kita dan para guru.

Silahkan evaluasi diri agar tidak tersesat di koordinat yang keliru. Anak kita disuruh ikut banyak khusus, namun hal itu justru membuat mereka stress.

5 thn diajarkan membuat mainan sendiri, apakah tepat? Dengan kain perca, manik2 begitu?

Ayah : usia berapapun tepat asala anaknya tertarik, seharusnya memamng begitu, karena otak kita punya 3 fungdi, 1 kreatif, analitik, motoric. Mencipatakan apa saja, klu perlu bahan dia akan mikir, dilakukan penyesuaian, dan alhirnya akan terekam, sehingga menjadi ahli.

Kabel : ada alat yang ketinggalan, kembali ke took, pas balik, kable dipotong. Ayah aku mau tunjukin sesuatu, setelah itu dia menujukkan kabel dipotong itu menjadi beruang. Anak harus dilatih untuk berkreasi agar syaraf2nya terus bertumbuh dan berkembang. Sekolah mewajibkan menjalankan abc, klu tidak bisa dianggap bodoh.

Cara merubaa paradigm : permainan catur bisa, gaple bisa sekedar bisa dan untuk gaul.

Rubah paradigm ortu : sehingga pressure ke anak berkurang, gpp nilainya ga bagus semua, namun tunjukkan satu saja yang bagus.

Kalau sekolah terlalu berat, pindahkan ke yang ringan. Seperti sekolah alam. Sekolah yang punya standar nilai yang tinggi, beda dengan nilai yang kecil. Seperti nilai agama, 9 namaun anaknya badung.

Sekolah yang tidak menggunakan nilai, namun projek2 yang mereka selesaikan. Orang heat ga ditanaya ijazah sd, smp, sma, namaun ijazah terakhir dan keahliannya, dan nilainya tingakt apa, nasional atau mulinasional.

Les dipelajaran yang mereka bagus saja. Sesuai dgn bakatnya. Tidak orang diam tp khursus public speaking.

 

Sesi V

Anaknya pinter nolak, missal suruh ngepel makanan yang ditumpahkan, tidak membuat mereka jera.

TK A, system sentra, kreatifitas tidak tersalurkan, sukanya main pasir dan air. Di sekolah tidak disalurkan. Karena jam sedikit, padahal jam 8-11.

All out : specialisasi.

Anak kita perlu dibuat batasan, 1 kasus 1 pasal. Kasus tidak mau membereskan mainan : jika tidak kasih hukuman, jangan menyiksa namun mengurangi kenikmatan, misalnya disimpan, baru boleh dimainkan 2 bln. Atau nonton tv. Ga usah teriak2, langsung dilaksanakan hukuman, klu tidak terima, kasih pasal selanjutnya. Sampai akhirnya menerima. [pada saat merapikan kasih reward. Koin kebaikkan. Mkn sendiri 1 koin, mnk sendiri dan rapi 2 koin. Namun harus konsisten, dan aturan mainnya lengkap. Aturan dibuat hanya saat sedang marah. Jangan pada saat kasus terjadi atau saat santai. Klu tidak dilaksanakan mereka akan menilai bahwa ortu tidak tegas dan tidak konsisten.

SEsi VI

Untuk menciptakan generasi yang lebih jenius. Dengan saran yang saat ini sudah lengkap.

Ortu merubah mindset, bagus semua pelajaran, menjadi 1 bidang saja. Seperti Rudi hartono, latihannay yang bulutangkis melulu. Bukan bimbel2 yang macam.

Rudi Hadisuwarno : penata rambut. Laki2 kok tata rambut, tata rias. Padahal bakat itu adalah dari tuhan.

]Bagaiamana ortu bisa menerima semua potensi yang diberikan tuha kepada anak kita. Mungkin seperti rudi choirudin pada jamannya akan banyak dicibir orang, bahwa laki2 kok di dapur. Seperti Jawa yag laki2 dilarang ke dapur. Ortu harus legowo jika anaknya mencari bakat yang tidak sama dengan sejuta umat. Profesi yang sering dicita2kan anak2 waktu ditanya klau gede mau jadi apa?

Saat itu ada anak yang ditanya mau jadi apa? Ada yang mau jadi tukang sampah. Woww kanapa? Jadilah anak yang hebat.

Tandem jadi guru tk, ada pelajaran profession day. Ada yang ingin jadi tkg sampah. Kp jadi tukang sampah? Biar negeri ini bersih, tidak bau, jadilah tukanga sampah nomor satu.

Ada yang mau jadi tukang sampah kok didukung? What’s wrong dengan tukang sampah? Jadi apapun profesinya mulai dari tukang sampah, sopir truk yang nomor satu. Seperti Michael Angelo melukis di atas kanvas.

Kpn orang2 memilih pekerjaan ada yang mulia ada yang tidak, apa yang terjadi jika tidak ada orang yang membesihkan sampah, tentu akan bau seperti yang pernah terjadi di kota bandung. Jadi apapun itu kerjakanlah dengan sungguh2. Kata Winston Churscil jangan pernah Menyerah.

Orang kaya di California adalah tukang sampah, makanya bersih.

Sejarah menyatakan bahwa jenius itu bermacam2, yang sama Cuma satu berkarakter. Kabutuhan karakter itu standard atau default. Karena sangat berkarakter maka tampak aneh, karena tidak sama dengan orang2 di sekitarnya. Seperti ustad di negeri maling. Albert manusia yang tidak bisa dibeli, nahkan hitler pun dia tidak takut. Thomas itu orang yang sangat bersyukur kepada tuhan. Saat pabriknya terbakar, Dia berkata, biarlah semua kesalahan kita terbakar bersama api. Mari kita cari hikmahnya, mari kita bangun kembali sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Pabrik terbakar pada usia 50 thn. Malah suruh bangunin istrinya untuk nonton kembang api paling besar.

Sesuatu itu sudah terjadi karena sudah ditentukan.

Seorang jenius yang kehilangan karakter mereka akan tumbang. Tiger kehilangan karakter, maka tidak lama akan tumbang.

Sesi

Genius dunia membenci orang tua yang percaya dirinya tinggi. Ibu Thoma s Alva, Nancy Alliot ibu rumah tangga, single parent, tapi dia percaya dirinya sangat tinggi dan sangat positif thinking. Waktu Thomas ditanyatakan sebagai anak yang disability learning, dia bilang, nak kamu anak hebat, akamu anak paling hebar. Mari buktikan kpd dunia bahwa km anak hebat. Selalu puatkan pada anaknya. Tidak tahu cara membantu, mami ini bukan siapa2, mati ga bisa menjawab semua pertanyaan km, mamai bisa bantu jawab cari jawaban atau cari buku. Sampai suatu saat tidak punya jawaban, lalu dia bilang, mungkin km di utus tuhan untuk memencahkan masalah ini. Itu yang membuat dia jadi ilmuwan.

Imaginasi jauh lebih penting dari belajar. Klu anak2 sedang menghayal cobalah sabar, klu itu yang paling tipis. Sakutala devei, jenius india. Para ortu sebelum anak umur 14 thn kosongkan rumahmu dari barang2 yang mahal. Biarkan rumah kosong untuk dieksplor. Rumah rapi bersih, tertib, membonsai saraf anak.

Albert klu ga suka pelajaran bolos, pergi ke danau belajar fisika matematika, dan tidak mendpat ijazah, hanya mendapat keterangan. Ortu berusaha menemukan sekolah yang mau membantu kamu. Akhirnya pindah sekolah ke swiss. Masuk ke poltek swiss, ijazah ga punya, tp bisa di tes. Diminta kembali ke jerman, sekolah setahun baru diterima.

Persiapan hanya keterbukaan fikiran, kita makhluk sempurna diciptakan tuhan. Anak genius kombinasi nature dan nurture. Tinggal dikembangkan aja.